BLOG

Apa itu Data Visualisasi?

Dengan begitu banyaknya informasi yang dikumpulkan melalui analisis data, perusahaan harus memiliki cara untuk melukiskan gambaran dari data tersebut sehingga interpretasi dari data dapat terlihat dengan jelas. Data visualisasi memberikan gambaran yang jelas tentang arti informasi dengan memberikan konteks visual melalui peta atau grafik. Ini membuat data lebih mudah untuk dipahami oleh pikiran manusia untuk mengidentifikasi tren atau pola dalam kumpulan data yang besar.

Mengapa Data Visualisasi Penting?

Dalam industri atau bisnis apapun itu, data visualisasi dapat membantu perusahaan untuk menyampaikan data dengan seefisien mungkin. Sebagai salah satu langkah penting dalam proses business intelligence, data visualisasi mengambil data mentah, memodelkannya, dan menyajikannya dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti sehingga kesimpulan dapat diambil. Dalam advanced analytics, data scientist biasanya membuat algoritma pembelajaran mesin untuk mengumpulkan data-data ke dalam visualisasi yang lebih mudah dipahami dan ditafsirkan.

Secara lebih spesifik, data visualisasi menggunakan visual untuk mengkomunikasikan informasi dengan cara yang universal, cepat, dan efektif. Hal ini dapat membantu perusahaan mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan, faktor mana yang memengaruhi kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan, dan apa yang harus dilakukan dengan produk tertentu (ke mana mereka harus pergi dan kepada siapa mereka harus dijual) dengan lebih baik. Data yang divisualisasikan akan memberikan prediksi yang reliabel kepada pemangku kepentingan, pemilik bisnis, dan pembuat keputusan tentang volume penjualan dan pertumbuhan pasar di masa depan.

Siapa yang Menggunakan Data Visualisasi?

Data visualisasi digunakan di semua lini industri untuk meningkatkan penjualan yang sudah ada dan menargetkan pasar dan demografi baru berpotensi tinggi. Pusat Periklanan dan Penelitian Dunia (WARC) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 separuh dari dana periklanan dunia akan dibelanjakan secara online, yang berarti perusahaan di mana pun telah menemukan pentingnya data web. Sebagai langkah penting dalam analitik data, data visualisasi memberi perusahaan wawasan penting tentang informasi dan pesan yang belum dimanfaatkan. Zaman di mana karyawan menganalisa ribuan baris spreadsheet secar manual telah berakhir dengan adanya data visualisasi untuk mengidentifikasi tren dan pola.

Apa Keuntungan Penggunaan Data Visualisasi?

Data visualisasi secara positif memengaruhi proses pengambilan keputusan perusahaan dengan representasi visual data yang interaktif. Bisnis saat ini cenderung mengenali pola secara lebih cepat karena mereka dapat menafsirkan data dalam bentuk grafik atau gambar. Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa data visualisasi sangat krusial bagi perusahaan:

  1. Data visualisasi Memperkuat Pesan yang Disampaikan
  2. Data visualisasi Memberikan Pemahaman yang Lebih Jelas
  3. Data visualisasi Membantu Analisis Keputusan

Kesimpulan

Perusahaan membutuhkan data visualisasi karena otak manusia tidak sanggup melahap begitu banyak informasi mentah dan tidak terorganisir untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat digunakan dan dimengerti. Perusahaan membutuhkan grafik dan chart dengan tampilan menarik untuk mengkomunikasikan temuan data yang ada sehingga identifikasi pola dan tren dapat dilakukan secara lebih tepat untuk mendapatkan wawasan dan membuat keputusan yang lebih baik dengan lebih cepat.

Data visualisasi yang tidak tepat akan mencemari pengambilan keputusan dan mengacaukan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan, tetapi data visualisasi yang diterapkan dengan benar membuat semua yang dilakukan perusahaan menjadi lebih efektif: pesan yang sampai dengan baik, wawasan yang lebih jelas, dan keputusan yang berbasis data.