BLOG

TERPIKIR UNTUK BIKIN STARTUP? TERAPKAN LAYANAN CLOUD UNTUK EFISIENSI

Perusahaan startup menjadi semakin populer setiap harinya. Tidak seperti perusahaan lainnya, startup memiliki basis inovasi yang berarti bidang yang dibangun perusahaan startup merupakan sesuatu yang baru dan belum ada sebelumnya. Biasanya startup ini banyak dirintis oleh anak-anak muda yang memiliki ide-ide segar dan out-of-the-box – di sisi lain, startup-startup ini seringkali mempunyai budget yang terbatas untuk mendanai segala operasional dan kegiatan yang dibutuhkan. Maka dari itu, startup haruslah cerdik mengatur sumber daya yang dimiliki agar tujuan perusahaan tercapai namun tetap efisien. Salah satu teknologi terkini yang dapat dimaksimalkan adalah cloud computing atau komputasi awan.

Munculnya banyak ide bisnis ini sekaligus mengawali banyaknya startup yang bermunculan akibat efek dari inovasi teknologi itu sendiri. Dimulai dari fleksibilitas hingga efektifitas dari teknologi memunculkan banyak ide kreatif guna menyelesaikan masalah agar hidup semakin praktis dan efisien. Bisnis dan inovasi seoalah 2 hal wajib yang tidak bisa dipisahkan dan maju bersama dalam memenangkan persaingan bisnis. Untuk itu, seorang pebisnis yang ingin membangun perusahaan rintisan atau startup harus siap bersaing dengan pebisnis lain. Kesiapan ini meliputi kesiapan tentang mendesain, merancang, membangun hingga menjalankan serta merawat bisnis tersebut. Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah Bagaimana mengeksekusi ide tersebut ?. Ketika berbicara mengenai startup, fenomena ini cukup unik dan menarik jika diamati. Dalam waktu bersamaan, mereka harus berpikir mengenai efisiensi dari segi anggaran dana yang lebih hemat namun harus mengadaptasi teknologi terkini yang bertolak belakang dengan prinsip hemat anggaran tersebut.

Biasanya terdapat tiga model layanan cloud untuk dibandingkan: Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS). Masing-masing memiliki keuntungan serta variannya tersendiri. Untuk itu, pemahaman mendasar mengenai SaaS, PaaS, dan IaaS diperlukan agar dapat mengetahui cara terbaik memilih layanan terbaik untuk sebuah perusahaan.

Keunggulan Layanan Berbasis Cloud

Teknologi cloud computing memiliki banyak kemudahan dan keunggulan yang sangat cocok untuk bisnis-bisnis dengan sumber daya terbatas seperti startup. Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan cloud computing mungkin akan bervariasi sesuai dengan jenis layanan cloud yang digunakan tetapi pada dasarnya, menggunakan layanan cloud berarti perusahaan tidak harus membeli atau memelihara infrastruktur komputasi mereka sendiri.

Perusahaan startup pengguna juga tidak perlu lagi membeli server, memperbarui aplikasi, sistem operasi, atau menonaktifkan dan membuang perangkat keras atau perangkat lunak saat kadaluwarsa, karena semuanya ditangani oleh penyedia cloud computing. Perusahaan spesialisasi cloud computing juga cenderung memiliki sumber daya TI yang lebih kompeten, sehingga layanan cloud mungkin dapat memberikan layanan yang lebih aman dan efisien untuk pengguna.

Menggunakan layanan cloud berarti perusahaan startup dapat fokus untuk menggerakkan proyek yang ditanganinya secara lebih cepat dan menguji konsep tanpa harus berurusan dengan pengadaan perangkat keras dan biaya awal yang besar, karena pengguna hanya membayar sumber daya yang mereka gunakan saja. Jika suatu aplikasi/proyek terbukti populer dan meledak di pasar, perusahaan pengguna hanya tinggal meminta pertambahan sumber daya cloud pada penyedia cloud computing. Sebaliknya, jika proyek masih berjalan stagnan, perusahaan bisa terus menyewa cloud yang tersedia dengan biaya yang lebih rendah sambil terus memperbaharui hal-hal yang dirasa kurang dari proyek tersebut.

Keunggulan-keunggulan tersebut relatif mudah untuk didapatkan mengingat banyaknya pilihan penyedia layanan cloud computing yang tersedia saat ini. Dari dalam negeri misalnya, ada Paques yang bersiap untuk meluncurkan layanan cloud computing bernama Paques Cloud Connect di pertengahan tahun ini setelah lebih dari lima tahun berkutat di bidang software analitik big data. Hadirnya Paques Cloud Connect diprediksi akan membuat aksesibilitas Paques jauh lebih mudah dan terjangkau dibanding perangkat-perangkat serupa yang mengandalkan sistem server on-premise.

Pada intinya, cloud computing dapat membantu startup dengan hal-hal menyangkut percepatan inovasi, karena kecepatan dalam mengimplementasikan sebuah inovasi sungguh sangat penting bagi perusahaan, terutama startup untuk memenangkan persaingan yang ketat. Dengan cloud computing, pemilik startup tidak akan disibukkan oleh pengaturan platform atau hal-hal bersifat teknis dan berhubungan dengan software yang dapat menyita banyak waktu berharga.