BLOG

Data Adalah Bahan Baku untuk Bisnis

Perusahaan-perusahaan terkemuka telah menyadari bahwa data dan visual tidak dapat dikelola secara terpisah dari informasi lainnya. CEO dan manajer kini menyadari bahwa pengambilan keputusan berdasarkan data sangat penting, dan bahwa pola pikir “berorientasi data” dapat menjadi keunggulan kompetitif.

Kehadiran data mendorong manager untuk melengkapi bisnis mereka dengan alat data visualization self-service. Alat tersebut memungkinkan karyawan untuk mengekstrak informasi penting dan relevan dari koleksi data perusahaan mereka yang begitu besar. Karyawan dapat dengan mudah melakukan analisis canggih dan mendapatkan wawasan bahkan tanpa latar belakang teknis yang kuat.Alat data visualization tentu bukan sekadar hype belaka, karena alat data visualization terbukti dapat memenuhi kebutuhan nyata dari perusahaan yang ingin membebaskan manager dari proses ekstraksi dan pemformatan data yang memakan waktu dan rumit, sehingga memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tugas yang lebih bernilai tambah.

Apa itu Data Visualization?

Data visualization adalah penyajian data dalam format gambar atau grafik. Hal ini melibatkan gambar yang dapat mengkomunikasikan hubungan antara data yang diwakili kepada audiens. Komunikasi ini dicapai melalui penggunaan pemetaan sistematis antara tanda grafik dan nilai data dalam pembuatan visualisasi. Dalam bisnis, data visualization memungkinkan para pembuat keputusan untuk melihat analitik yang disajikan secara visual, sehingga mereka dapat memahami konsep yang sulit atau mengidentifikasi pola baru.

Mengapa Data visualization Begitu Penting?

Alasan pertama dan yang paling utama, visualisasi data penting untuk alasan psikologis sederhana: Manusia sangat terhubung dengan fungsi visual. Setengah dari otak manusia didedikasikan untuk fungsi visual, dan 90% dari informasi yang dikirimkan ke otak adalah visual.

Manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks, yang menjelaskan mengapa rambu-rambu lalu lintas berbentuk grafik dan bukan teks. Inilah sebabnya laporan data visual seringkali terlihat lebih menarik dan mudah dimengerti dalam dunia bisnis. Visual menempel dalam memori jangka panjang dan meningkatkan pemahaman, faktor kunci dalam menafsirkan data. Di dunia yang menghasilkan kurang lebih 5,6 zettabytes data dalam setahun, alat visualisasi sangat dibutuhkan. Visualisasi data dapat membantu audiens untuk memahami pentingnya data. Setelah data yang ada ditampilkan dalam bentuk visual yang lebih mudah dimengerti, maka para pengambil keputusan dalam perusahaan akan mampu menelusuri data untuk melihat apa-apa saja yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan proses operasional dan mengembangkan bisnis mereka. Data visualization ‘menghidupkan’ insight-insight tersembunyi yang ada dalam data.

Dengan data visualization, para pelaku bisnis akan mendapatkan

  • Pendekatan kreatif baru yang meningkatkan kemampuan bisnis untuk memahami informasi yang bersembunyi di dalam data yang selama ini berbentuk angka-angka dan tabel semata dengan cara yang lebih konstruktif.
  • Cara yang lebih baik dan lebih cepat untuk mengidentifikasi pola, tren, dan korelasi dalam dataset yang tidak terlihat dalam bentuk teks atau tabel.
  • Peluang lebih besar untuk mengidentifikasi wawasan-wawasan bisnis baru dengan memprediksi tren atau volume penjualan yang akan datang serta pendapatan yang akan dihasilkan, sehingga keputusan yang diambil tidak akan terlalu terpengaruh oleh fluktuasi dan kejutan pasar.

Agar perusahaan mampu membuat keputusan bisnis strategis yang tepat tentunya diperlukan data visualization tool yang kompeten. Contohnya adalah Paques. Perusahaan big data asal Indonesia ini bisa membantu untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan dengan produk data visualization-nya yang bernama Paques Data Studio. Piranti data visualisasi ini dilengkapi dengan kemampuan fungsi drag-n-drop yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengoperasikan Paques Data Studio tanpa harus melakukan koding yang rumit. Konsep self-service analytic dan ease of use yang diusung oleh Paques Data Studio juga memudahkan pengguna untuk menampilkan hasil-hasil analisa data dalam bentuk visual menarik tanpa membutuhkan kemampuan analitik tingkat lanjut. Visualisasi adalah kunci untuk menyampaikan pesan yang sarat dengan angka-angka karena dengan visualisasi, data-data yang terlihat tak berguna dan sulit dipahami akan berhasil dihidupkan dan menjadi lebih mudah dipahami. Dengan begitu, keputusan dan tindakan strategis dapat dilakukan dengan lebih mudah dan dengan pemahaman yang lebih baik tentang gambaran besar mengenai bisnis perusahaan.